Kuliner Khas Pesisir Flores, Labuan Bajo

Melanesiahotnews.com – Setiap melakukan perjalanan wisata, kurang lengkap kalau tidak mencoba kuliner setempat.

Apakah kamu terjebak di sensasi yang sama? Kalau iya, maka tiadalah beda ‘teori’ tersebut ketika berbicara kunjungan ke Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi favorit di Indonesia.

Berkunjung ke tempat Komodo beranak pinak itu, pasti impian semua orang baik wisman maupun wisnu. Mengagumkan, Labuan Bajo, sudah bangkit menjadi tujuan wisata setelah Bali dan Lombok. Infrasrtuktur Pariwisata giat dibangun.

Tak hanya merupakan rumah bagi deretan lanskap menawan, apalagi cuma dipersepsikan sebagai jembatan menuju Taman Nasional Kepulauan Komodo, salah satu wilayah di Flores ini pun jadi tempat di mana kamu bisa mendapatkan kuliner khas bercita rasa menggoda. Dengan sentuhan lokal, baik dari bumbu maupun cara membuat, pengalaman makanmu tak akan sama.

Bisa ditemui dengan cukup mudah di beberapa warung makanan di seantero Labuan Bajo, pastikan berburu kuliner jadi salah satu agenda ketika berada di ujung barat pulau flores. Selain menikmati senja di pantai Wae Cicu atau treking di Pulau Padar dan Bukit Cinta, serta menikmati indahnya sunset dari Toro Lema Batu Kalo. Nah ! inilah makanan-makanan khas Labuan Bajo buat kamu, para petualang sejati yang doyan berburu kuliner.

Salah satu tempat yang ramai dikunjungi saat ini ialah Pondok Flores milik Nur Alwi yang beralamat Alamat : Jl. Prof WZ Johanes, Kelurahan : Wae Kelambu, Kecamatan : Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, dengan sajian kuliner khas masakan pesisir utara Flores.

Ikan Kuah Bajo. Bahan-Bahan = Ikan Cara segar, Jeruk nipis, Asam muda,Tomat, Sereh,bawang merah, bawang putih, daun kemangi, garam.
Doke, adalah olahan sayur dengan bahan utama Jantung Pisang dan ikan bakar lalu dicampur dengan kelapa sangrai dan irisan bawang merah, irisan lombok kecil,jeruk sambal dan garam.
Kerang Loger Nganga pengolahanya adalah, kerang ditumis dengan irisan bawang merah, bawang putih, irisan lombok kecil dan lombok besar,tomat dan garam

Lawar Cumi, bahan Cumi segar, irisan mangga muda, irisan bawang merah dan bawang putih, irisan lombok, kelapa parut

Ikan Cara Tumbuk, bahanya. Ikan Cara kering yg dibakar lalu diambil dagingnya dan kemudin ditumbuk dengan kelapa parut pake cobek lalu tambahkan bawang merah dan tomat sert a lombok dan

Semua lauk pesisir utara di atas enak disuguhkan bersama nasi jagung merupakan salah satu makanan pokok penduduk Indonesia di wilayah tertentu, seperti di Nusa Tenggara Timur, atau di wilayah lainnya yang banyak menghasilkan jagung, bukan beras.

“Nasi jagung merupakan campuran antara nasi dan jagung. Olahan jagung dicampur dengan beras 25 % dan jagung 75% menyerupai nasi. Jadi, saat Anda makan nasi jagung, yang sebenarnya Anda makan adalah jagung. Kata banyak orang, mengonsumsi nasi jagung bisa membantu mengontrol gula darah sehingga baik untuk orang dengan diabetes dibandingkan nasi putih,” kata Nur Alwi semringah. (MHN)

Comments: 0

Your email address will not be published. Required fields are marked with *