Peserta Ujian CPNS “Ngamuk” Terkait Buruknya Pelayanan BKD Kabupaten Manggarai

Melanesiahotnews, Ruteng – Peserta ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melakukan aksi pengrusakan sarana dan prasarana penunjang Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Manggarai, saat peserta dipaksa mengantri dari pagi hingga malam hari demi mendapatkan kartu ujian peserta CPNS, dihalaman gedung olahraga milik Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai di Ruteng, kamis (1/11/2018).

Sarana dan Prasarana BKD Kab. Manggarai (Foto : melanesiahotnews.com)

Aksi ini, dilakukan oleh peserta ujian CPNS Kabupaten Manggarai, sebagai buntut dari kekecewaan atas buruknya pelayanan BKD Kabupaten Manggarai yang dipandang oleh peserta, sangat diskriminatif dalam melakukan pencetakan kartu peserta ujian CPNS.

Peserta CPNS Kabupaten Manggarai dengan beringasnya, mengungkapkan kekecewaannya kepada awak media terkait tidak efektif dan efisien waktu yang diterapkan oleh BKD Kabupaten Manggarai untuk mencetak kartu ujian peserta CPNS.

“Tingkat kematangan dari sisi pelayanan di Kabupaten Manggarai sangat berbeda dengan Kabupaten Manggarai Barat dan Manggarai Timur” Cetus peserta yang satu disambut dengan teriakan peserta yang lain.”Di Manggarai Timur, peserta cetak kartunya sendiri, baru diserahkan kepada panitia, Manggarai barat juga begitu, di Manggarai?, masa panitia yang cetak Kami punya kartu ujian, sedangkan password, cuma Kami yang tahu”.”Kami daftar online, bukan daftar manual, kalau panitia tahu Kami punya password, berarti Kami kategorikan panitia sangat tinggi tingkat kecurangannya”.

Terkait jadwal pencetakan kartu peserta ujian CPNS, banyak peserta yang muak dengan sikap diskriminatif yang ditunjukkan panitia ujian CPNS Kabupaten Manggarai.

“Yang dapat ujiannya tanggal 10, kok datang hari ini, kan aneh. Yang datang hari ini, seharusnya yang ujian tanggal 4, sedangkan yang ujiannya tanggal 5, harusnya datang besok, kan selang dua (2) hari, diedarannya seperti itu”papar juru bicara peserta ujian CPNS.

“Tingkat kematangan panitia juga tidak bagus, masa tidak gunakan pihak keamanan untuk atur jalan, Kami mau masuk (kantor BKD) untuk urus kartu ujian, susahnya minta ampun. Maka itu, Kami minta solusi untuk sistem pelayanan esok hari (2/11/2018), karna kalau masih begini sistem pelayanannya, Saya yakin, pasti besok ada yang baku pukul”lanjutnya lagi.

Disamping itu, peserta ujian CPNS Kabupaten Manggarai juga mempertanyakan alasan ditutupnya portal untuk mencetak kartu ujian peserta.

“Kenapa BKD Kabupaten Manggarai tutup itu portal?, sedangkan di Kabupaten lain, portal untuk cetak kartu ujian bisa diakses. Apa alasan BKD tutup itu portal?”tambah peserta yang lain.

“Kasian peserta yang lagi hamil, dan harus tunggu satu hari penuh untuk dapat itu kartu ujian”sahut peserta yang lain.

Sesuai kebutuhan, formasi CPNS untuk Kabupaten Manggarai sejumlah 200-an lebih, sedangkan diketahui dari data BKD Kabupaten Manggarai, jumlah peserta yang akan mengikuti ujian CPNS Kabupaten Manggarai sebanyak 5.783 peserta.(VN)

 

 

 

 

 

 

Comments: 1

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

  1. kami mengharapakan pemerintah dalam hal ini BKD perlu mengevaluasi kembali terkait dengan pelayan yang bagi kami sangat buruk supaya hal ini tidak terjadi pada taahun2 mendatang.
    saya menilai bahwa persiapan panitia cpns kab manggarai tahun ini sangat tidak matang sehingga penting sekali untuk di evaluasi. terimksh