Lagu Karna Su Sayang Dibajak Penyanyi Malaysia, Ini Reaksi Near!

Melanesiahotnews – Lagu “Karna Su Sayang” karya Near feat Dian Sorowea, yang menjadi viral dikancah musik tanah air, dibajak oleh penyanyi dan Youtuber asal Malaysia bernama Ismail Abinting.

Lagu yang sebelumnya merupakan karya cipta penyanyi dan rapper asal Maumere, Kabupaten Sikka, NTT ini, sontak menjadi perbincangan publik industri musik tanah air.

Dilansir dari Okezone.com, pencipta lagu karna su sayang Near, merespon keras atas pembajakan yang dilakukan oleh penyanyi asal Malaysia terkait karya cipta lagu tersebut.

Saat diwawancarai oleh salah satu stasiun televisi swasta tanah air, Near mengatakan bahwa lagu karna su sayang merupakan karya cipta dari darinya sendiri.

“Sa sebelumnya tidak tau, kalo lagu karna su sayang yang su viral dan dicover oleh banyak penyanyi tanah air, telah dibajak oleh penyanyi Malaysia” ungkap Near.

“Sa tau pas sa dapat info dari musisi di Jakarta, kalo sa pung lagu, su dibajak oleh penyanyi Malaysia” lanjut Near.

“Sa berharap, penyanyi itu (Ismail Abinting) menghubungi saya” tambah Near.

Terkait pembajakan karya cipta lagu karna su sayang, sejumlah musisi dan Youtuber tanah air, mengecam penyanyi Malaysia Ismail Abinting, karena telah memanfaatkan karya cipta penyanyi Indonesia untuk keuntungan pribadi.

Musisi tanah air sekelas Judika pun turut prihatin atas pembajakan yang dilakukan oleh penyanyi sekaligus Youtuber asal negeri tetangga (Malaysia).

“Sudah sewajarnya penyanyi asli (Near dan Dian Sorowea) lagu karna su sayang mendapatkan haknya, atas karya cipta terhadap lagu tersebut”papar Judika kepada awak media.

“Royalti harus diberikan kepada yang empunya lagu, bukan seenaknya membajak lagu orang, terus diviralkan lagi dimedia dan Youtube” lanjut Judika.

Setelah banyaknya media di Indonesia yang memberitakan tentang pembajakan lagu karna su sayang, Ismail Abinting melalui akun Instagram-nya, meminta maaf, dan terkait royalti, dirinya telah berkomunikasi dengan Near.

 

Penulis : Vincent Ngara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments: 0

Your email address will not be published. Required fields are marked with *