Bawaslu NTT Gelar Rakernis Jurnalistik Bagi Staf Bawaslu Kabupaten/Kota

Melanesiahotnews, Kupang – Bawaslu Provinsi NTT menyelenggarakan pelatihan jurnalistik di Aston Hotel and Convention Center, Kelapa Lima, Kupang, Jumat (09/11/2018) .

Kegiatan ini diikuti oleh semua staf teknis Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten se- Provinsi NTT.

Pelatihan ini dibuat, dalam rangka meningkatkan kapasitas para staf teknis Bawaslu Kabupaten dalam hal memberitakan segala kegiatan kepengawasan dalam bentuk tulisan jurnalistik.

Kegiatan ini dibuka oleh Baharudin Hamzah, Koordinator Divisi SDM, Organisasi, Informasi, dan Data Bawaslu Provinsi NTT yang sekaligus menjadi nara sumber.

Menurut Baharudin, segala kegiatan kepengawasan perlu disiarkan dalam bentuk berita, opini, featured dan sebagainya, agar masyarakat tahu segala kegiatan pengawasan yang dilaksanakan Bawaslu.

“Segala kegiatan Bawaslu mesti diketahui atau diwartakan. Sudah saatnya Bawaslu meningkatkan keterbukaan publik selain agar masyarakat tahu apa kerja kita, juga agar masyarakat bisa ikut mengambil bagian dalam pengawasan,”Papar Bahar.

Dalam kesempatan itu, mantan jurnalis yang sekarang menjabat sebagai salah satu komisioner Bawaslu Provinsi NTT, juga mengingatkan para peserta untuk tidak hanya sekedar berswafoto saat tugas pengawasan tetapi perlu menempatkan keterangan dan penjelasan kegiatan yang dilakukan.

“Bawaslu RI telah meraih peringkat ketiga di Indonesia dengan predikat “INFORMATIF” dari Komisi Informasi dalam pengelolaan dan pelayanan Informasi publik; Kita semua, jajaran Bawaslu dari pusat hingga tingkat paling bawah bertanggung jawab untuk mempertahankan serta meningkatkan prestasi ini,”lanjut Bahar.

Kegiatan pelatihan jurnalistik ini, merupakan bagian dari Rakernis Pengawasan Pemilu 2019 yang berlangsung selama tiga (3) hari dari tanggal 9 hingga 11 November 2018.

 

Laporan : Albert Efendy

Editor :Vincent Ngara

Comments: 0

Your email address will not be published. Required fields are marked with *