Halaman Rujab Bupati Manggarai Terpajang APK Yeni Veronika

Melanesiahotnews, Ruteng – Alat Peraga Kampanye (APK) calon legislatif Provinsi NTT dari Partai Amanat Nasional (PAN) yakni Yeni Veronika, diduga melanggar pasal 280, ayat 1, huruf (h) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum, PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang kampanye pemilihan, Peraturan Bawaslu Nomor 28 Tahun 2018.

Berdasarkan informasi masyarakat, terlihat jelas, APK caleg Yeni Veronika, yang belum dipasang sesuai titik yang ditentukan oleh KPUD Provinsi NTT, terpampang ke ranah publik di halaman belakang rumah jabatan Bupati Manggarai.

APK Caleg Provinsi NTT, Yeni Veronika di Halaman belakang rumah jabatan Bupati Manggarai (Foto : Valens Dora)

 

APK ini juga, diduga melanggar regulasi terkait penggunaan fasilitas pemerintah (Negara) untuk kampanye caleg.

Dari sumber yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa APK caleg Yeni Veronika tidak seharusnya terpampang ke publik, apabila belum dipasang sesuai titik yang ditentukan oleh KPUD Provinsi NTT, dan APK itu juga melanggar penggunaan fasilitas pemerintah, karna masih dalam kawasan rumah jabatan Bupati.

Menerima informasi dengan bukti foto APK caleg Yeni Veronika di halaman belakang rumah jabatan Bupati Manggarai, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Manggarai responsif menyurati Ketua DPD PAN Kabupaten Manggarai.

Surat Bawaslu Kabupaten Manggarai itu tertanggal 19 November 2018 dengan Nomor 154/Bawaslu-Mgr/XI/2018 perihal peringatan kepada Ketua DPD PAN Kabupaten Manggarai.

Saat ditemui oleh media ini ditengah kesibukannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai, Marselina Lorensia membenarkan bahwa dirinya telah menerima informasi masyarakat terkait APK caleg provinsi NTT atas nama Yeni Veronika yang terpampang di halaman belakang rumah jabatan Bupati Manggarai.

“Saya dapat informasi kemarin sore (minggu, 18 November 2018) terkait APK itu” papar Marselina.

“Bawaslu sudah tindak lanjuti informasi masyarakat itu, dengan langkah persuasif. Dan pagi ini (Senin, 19 November 2018), Bawaslu telah menyurati Ketua DPD PAN Kabupaten Manggarai terkait APK itu” tutup Marselina.

Yeni Veronika sendiri merupakan calon legislatif Provinsi NTT dari partai PAN, daerah pemilihan Manggarai Barat, Manggarai, dan Manggarai Timur.

 

Penulis/Editor : Valens Dora

 

Comments: 0

Your email address will not be published. Required fields are marked with *