Solusi Felix BUG Terkait Pemberdayaan Area “Mbaru Wunut”

Melanesiahotnews, Ruteng – Pengelolaan area “mbaru wunut” (rumah wunut) yang beralamat di Kelurahan Watu, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, yang pengelolaannya tidak sesuai peruntukannya, menimbulkan reaksi keras dari beberapa pihak yang notabene peduli dengan keberadaan ritus adat orang Manggarai itu.

Banyak pihak yang mempertanyakan keberlangsungan pengelolaan yang tidak relevan dengan kondisi yang sebenarnya.

Terkait hal itu, Felix M. Ahas pun memberikan tanggapan dalam hal pemberdayaan area rumah wunut yang memang kenyataannya menurut beliau, sangat mubazir.

Owner jejaring usaha Bandung Utama Group (BUG) itu, sangat tertarik dengan area rumah wunut dari sisi pemberdayaannya, agar tepat sasaran.

Solusi yang ditawarkan oleh Felix BUG dalam hal perencanaan pemberdayaan area rumah wunut yaitu dengan menyalurkan bakat kreatifitas orang muda Manggarai, yakni mengaktifkan kembali kunjungan wisata kerumah wunut, atraksi budaya dari Flores Barat hingga Flores Timur, sediakan stand ekonomi kreatif untuk memasarkan atribut dan aksesoris budaya Flores sebagai cinderamata, mengaktifkan jajanan PUJASERA (Pusat Jajanan Serba Ada).

“Dengan sendirinya, akan menarik wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang menikmati hasil karya orang muda; seperti yang saya lakukan, dengan memberdayakan pedagang kaki lima di Ruko Pemda”ungkap Felix.

Felix BUG juga menjelaskan terkait aksi vandalisme yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab di rumah wunut.

Rumah Wunut (Foto : Istimewa)

“Ini terjadi karna, area rumah wunut yang telah dibangun dengan begitu bagusnya, tetapi tidak dimanfaatkan atau diberdayakan semaksimal mungkin”papar Felix.

“Kita belum terlambat untuk memberdayakan area rumah wunut, kita harus mulai dari sekarang. Karna semakin dibiarkan, maka ritus adat kebanggaan orang Manggarai itu, akan rusak dan tidak mendatangkan devisa untuk daerah”lanjut Felix.

Harapan Felix BUG dalam hal pemberdayaan area rumah wunut yaitu menjadikan rumah wunut sebagai salah satu ikon pertumbuhan ekonomi baru di Kabupaten Manggarai.

 

Penulis : VN

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments: 0

Your email address will not be published. Required fields are marked with *