Rachmat Saleh Mantan Gubernur BI Tutup Usia

Melanesiahotnews.com –  Rachmat Saleh mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) meninggal usia di Rumah Sakit Abdi Waluyo pada Minggu (11/1/2018).

Wafatnya Rachmat setelah tiga hari peluncuran bukunya yang berjudul Rachmat Saleh: “Legacy Sang Legenda Kejujuran”, yang diluncurkan pada Hari Pers Nasional, 9 Februari 2018 di Padang Sumatera Barat.

Rachmat lahir di Jawa Timur pada 1 Mei 1930 pernah menjabat menjadi Gubernur Bank Indonesia pada tahun 1973 hingga 1983 dan Menteri Perdagangan(Mendag) tahun 1983 hingga tahun 1988.

Rachmat menurutup usianya tiga bulan sebelum ia merayakan Hari Ulang Tahunnya yang ke-88.

“Selama menjadi Gubernur BI, Rachmat Saleh senantiasa berpegang pada lima pedoman profesional, etika dan moral, yaitu nasionalisme, kejujuran, kerja keras, dedikasi serta konsisten menambah pengetahuan,”sebut Bank Indonesia dalam keterangan resminya, Minggu (11/2/2018)

Lima pedoman tersebut membuat ia dikenal sebagai pejabat yang rendah hati, jujur dan lurus serta tegas dalam mengemban tugas.

Keteladan beliau patut dikenang dan dijadikan panutan, tak hanya bagi pegawai Bank Indonesia namun bagi masyarakat Indonesia secara umum.

Rencananya, jenazah almarhum akan disemayamkan di rumah duka di Jalan Ampera 119, Cilandak, Jakarta Selatan.

Anggota Dewan Gubernur dan segenap jajaran serta keluarga besar Bank Indonesia mengungkapkan belasungkawa yang mendalam atas wafatnya beliau. (MHN)

Comments: 0

Your email address will not be published. Required fields are marked with *